Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Vol. 2 No. 8 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis

Pengaruh Persepsi Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung Ulang ke Kawasan Pantai

Ni Made Riska Rima Dewi (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)
Moh. Agus Sutiarso (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)
Ida Bagus Gde Pranatayana (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Keputusan berkunjung ulang merupakan bagian dari perilaku wisatawan yang dapat memicu kunjungan atau kunjungan kembali ke daerah tujuan wisata yang sama. Faktor yang dapat mempengaruhi keputusan wisatawan untuk kembali adalah persepsi wisatawan terhadap objek wisata terhadap keputusan berkunjung ulang. Wisatawan merupakan salah satu stakeholder yang berperan penting dalam industri pariwisata. Wisatawan memiliki pengaruh yang besar terhadap keputusan sebelum melakukan perjalanan. Rumusan masalah dalam penelitian ini tentang pengaruh persepsi wisatawan berdasarkan 4A (Atrraction, Amenity, Accesibility, Ancillary) terhadap keputusan berkunjung ulang ke Kawasan Pantai Sanur Bali. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi wisatawan berdasarkan 4A (Atrraction, Amenity, Accesibility, Ancillary) terhadap keputusan berkunjung ulang ke Kawasan Pantai Sanur Bali. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan alat penelitian berupa kuesioner dan checklist observasi dengan populasi tak terhingga atau infinit dan menggunakan teknik non probability sampling. Data diolah dari jawaban lengkap 96 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Persepsi wisatawan berdasarkan attraction (atraksi) terhadap keputusan berkunjung ulang ke Kawasan Pantai Sanur memiliki memiliki tingkat hubungan kuat, signifikan, dan memiliki arah yang positif karena mendekati 1; 2) Persepsi wisatawan berdasarkan amenity (amenitas) terhadap keputusan berkunjung ulang ke Kawasan Pantai Sanur memiliki tingkat hubungan kuat, signifikan, dan memiliki arah yang positif karena mendekati 1; 3) Persepsi wisatawan berdasarkan accesibility (aksesibilitas) terhadap keputusan berkunjung ulang ke Kawasan Pantai Sanur memiliki tingkat hubungan kuat, signifikan, dan memiliki arah yang positif karena mendekati 1; 4) Persepsi wisatawan berdasarkan ancillary (pelayanan tambahan) terhadap keputusan berkunjung ulang ke Kawasan Pantai Sanur memiliki tingkat hubungan kuat, signifikan, dan memiliki arah yang positif karena mendekati 1. The decision to revisit is part of tourist behavior that can trigger visits or return visits to the same tourist destination. Factors that can influence the decision of tourists to return is the perception of tourists to the tourist attraction to the decision to visit again. Tourists are one of the stakeholders who play an important role in the tourism industry. Tourists have a great influence on decisions before traveling. The formulation of the problem in this study is about the influence of tourist perceptions based on 4A (Attraction, Amenity, Accessibility, Ancillary) on the decision to revisit the Sanur Beach area of Bali. This study aims to determine the effect of tourist perceptions based on 4A (Attraction, Amenity, Accessibility, Ancillary) on the decision to revisit the Sanur Beach area of Bali. The research method used is descriptive quantitative with data collection techniques using research tools in the form of questionnaires and observation checklists with an infinite population and using non-probability sampling techniques. The data is processed from the complete answers of 96 respondents. The results of this study indicate: 1) The perception of tourists based on attraction to the decision to revisit the Sanur Beach area has a strong, significant, and positive direction because it is close to 1; 2) Perceptions of tourists based on amenities on the decision to revisit the Sanur Beach area have a strong, significant relationship level, and have a positive direction because they are close to 1; 3) Perceptions of tourists based on accessibility to the decision to revisit the Sanur Beach Area have a strong, significant relationship level, and have a positive direction because it is close to 1; 4) Perceptions of tourists based on ancillary (additional services) on the decision to revisit the Sanur Beach area have a strong, significant relationship level, and have a positive direction because they are close to 1.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

paris

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya ...