Jurnal Ekonomi dan Akuntansi
Vol 3 No 2 (2023): Mizania:Jurnal Ekonomi dan Akuntansi

PENGARUH SIZE, LEVERAGE, PROFITABILITY, FIXED ASSET INTENSITY, CAPITAL INTENSITY RATIO, DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN PAJAK (Perusahaan Sektor Properties dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021)

habsyah fitri aryani (universitas Nahdlatul Ulama indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Sistem self assessment pada pemungutan pajak di Indonesia memberikan wewenang penetapan besaran nilai beban pajak ada pada wajib pajak salah satunya wajib pajak badan perusahaan. Manajemen pajak umumnya menjadi pilihan bagi perusahaan guna mengontrol beban pajak tanpa melakukan penggelapan pajak. Penelitian ini untuk membuktikan Pengaruh Size, Leverage, Profitability, Fixed Asset Intensity, Capital Intensity Ratio, dan Corporate Governance terhadap Manajemen Pajak pada sektor Properti dan Real Estate dengan periode penelitian tahun 2018-2021. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Berdasar hasil analisis diketahui variabel size, leverage, komisaris independen dan komite audit tidak berpengaruh terhadap manajemen pajak, sedangkan profitability, fixed asset intensity, dan capital intensity ratio berpengaruh terhadap manajemen pajak. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan pengaruh size, leverage, profitability, fixed asset intensity, capital intensity ratio, komisaris independen, dan komite audit dapat mempengaruhi manajemen pajak sebesar 51.4% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MIZANIA

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

MIZANIA Jurnal Ekonomi Dan Akuntansi is an academic accounting journal published by the Accounting Study Program of Nahdlatul Ulama University Indonesia (UNUSIA), aimed at improving the quality of science and channeling the interest in sharing and disseminating knowledge about Economic Accounting ...