Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi & Perbankan Syari'ah
Vol. 12 No. 2 (2023): September

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING ( STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2017-2021 )

Siti Rohmah (Unknown)
Okky Oldiantho (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda)
Padli Azhari (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda)
Nur Patul Auliah (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan CSR, Kinerja Lingungan dan Ukuran Perusahaan Dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating (studi empiris perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2017-2019). metode dalam penelitian ini adalah deskriftif kuantitatif . metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu 44 data. hasil analisis dalam penelitian ini menyatakan bahwa,tinggi rendahnya suatu nilai perusahaan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan dapat dijadikan dasar pengambilan keputasan investor dalam berinvestasi. Faktor- faktor tesebut antara lain faktor internal (kinerja keuangan), laba perusahaan, cash flow dan sumber modal, faktor eksternal (inflasi, kurs rupiah, ekonomi global, politik). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang menggunkan data dalam bentuk angka dana analisis data dengan tujuan digunkan untuk mempertmuda dalam melakukan penelitian (Sugiyono:13.2018). penelitian ini bersifat asosiatif kasual dengan tujuan untuk mengetahui hubungn antara sebab akibat 2 (dua) variabel atau lebih Jenis data yang digunkan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu data kuantitatif yang diperoleh dari pojok BEI. Hasil analisis dalam penelitian ini menyatakan bahwa, Ukuran Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, sedangkan Corporate Social Responsibility dan Kinerja Lingkungan tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai variabel moderating.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ekonomika

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

EKONOMIKA: Manajemen, Akuntansi dan Perbankan Syari’ah adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Jurnal terbit secara berkala dua kali setahun pada bulan Maret (periode Oktober-Maret) dan September (periode April-September). Jurnal ...