Al-Fiziya: Journal of Materials Science, Geophysics, Instrumentation and Theoretical Physics
Al-Fiziya: Journal of Materials Science, Geophysics, Instrumentation and Theoretical Physics | Vol.1

Rancang Bangun Home Automation Berbasis Raspberry Pi 3 Model B dengan Interface Aprlikasi Media Sosial Telegram sebagai Kendali

Agung Sedayu (Program Studi Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta)
Elvan Yuniarti (Program Studi Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta)
Edi Sanjaya (Program Studi Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2019

Abstract

Telah berkambangnya tekonologi home automation pada zaman ini dan salah satunya dengan pemanfaatan smartphone sebagai salah satu pengendalinya. Pada penelitian ini memanfaatkan sebuah aplikasi media sosial telegram dan sebuah single board computer sebagai kontrol pada sebuah home automation. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah home automation dengan menggunakan Raspberry Pi dan aplikasi media sosial telegram sebagai kendalinya. Dengan studi pustaka dan metode eksperimen penelitian ini berhasil merancang bangun sebuah home automation menggunakan Raspberry Pi 3 Model B dengan interface aplikasi telegram sebagai kendalinya. Dibutuhkan sebuah Bot API telegram agar Raspberry Pi dan aplikasi telegram dapat terhubung. Perangkat yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: single board computer Raspberry Pi 3 Model B, 2 buah relay untuk 2 perangkat elektronik (lampu dan kipas), 1 buah MCB dan smartphone yang telah terinstall aplikasi telegram yang digunakan sebagai pengontrol perangkat elektronik. Hasil dari penelitian ini sudah sesuai dengan tujuannya yaitu merancang bangun sebuah home automation dengan menggunakan Raspberry Pi dan aplikasi media social telegram sebagai kendalinya mensimulasikannya pada peralatan elektronika.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

al-fiziya

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Electrical & Electronics Engineering Energy Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

Al-Fiziya: Journal of Materials Science, Geophysics, Instrumentation and Theoretical Physics is a journal of physics that published by Departement of Physics, Faculty of Science and Technology UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. The aim of the journal is to disseminate the researches done by ...