Early Childhood Research Journal (ECRJ)
Vol.6, No.1, Juni 2023

Pengaruh Games Interaktif Wordwall terhadap Kemampuan Mengenal Budaya Bali Anak Usia Taman Kanak Kanak

Setyowahyudi, Rendy (Unknown)
Tirtayani, Luh Ayu (Unknown)
Indana, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2023

Abstract

Gempuran budaya asing mengakibatkan ke khawatiran akan keberlangsungan eksistensi budaya local termasuk di antaranya budaya daerah bali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan games interaktif wordwall terhadap kemampuan mengenal budaya bali anak usia taman kanak-kanak. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 36 anak yang diambil dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes lisan dengan bantuan kartu bergambar. Validitas instrument di uji dengan korelasi poin biserial, sementara reliabilitas di uji dengan KR20. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test. Sebelum data di uji hipotesis terlebih dahulu di uji normalitas dengan kolmogrov smirnov test dan homogenitas dengan levene test. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh games interaktif wordwall terhadap kemampuan mengenal budaya bali pada anak usia taman kanak-kanak yang ditunjukkan dengan nilai sig 2 tailed yang didapatkan yaitu 0,000 lebih dari kecil dari 0,05.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ecrj

Publisher

Subject

Education

Description

Early Childhood Research Journal (ECRJ) is a scientific journal of early childhood education program of Teaching and Education Faculty of Universitas Muhammadiyah Surakarta focusing on publication of scientific research result conducted by UMS's internal and external academicians, especially in ...