Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIPA 3 di SMA N 1 Kuta Utara melalui penerapan metode mind mapping. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 di SMA N 1 Kuta Utara yang berjumlah 45 orang, sementara objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes hasil belajar kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan pada Siklus I persentase siswa yang tuntas adalah 60% kemudian meningkat di Siklus II dengan perentase ketuntasan 86,67%, dikarenakan sudah memenuhi ketuntasan klasikal yang ditetapkan maka penelitian dihentikan pada Siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Biologi dengan menerapkan metode mind mapping. Kata kunci: Mind Mapping; Hasil belajar; Pembelajaran Biologi
Copyrights © 2023