KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 3 No 1 (2023): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM DI DESA PAKEL, KECAMATAN BARENG, JOMBANG

Sarah Putri Madania (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Permata ELG Purba (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Ika Korika Swasti (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2023

Abstract

Berkembangnya teknologi yang lebih memudahkan aktivitas manusia dapat dimanfaatkan pelaku UMKM untuk mengembangkan strategi pemasarannya. Strategi pemasaran berbasis digital merupakan kesempatan untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan pendapatan UMKM. Maka dari itu dibutuhkan adanya sosialisasi edukasi dan pelatihan mengenai digital marketing. Sehingga penulis membuat program kerja pengabdian masyarakat yaitu dengan sosialisasi dan pelatihan digital marketing. UMKM yang ada di Desa Pakel menjadi target dengan Metode pelaksanaan dengan sosialisasi dan pelatihan. Terlaksananya program kerja tersebut dari 19 peserta sosialisasi, 10 pelaku UMKM yang mengimplementasikan pelatihan melalui aplikasi tokopedia. Selanjutnya diharapkan peserta sosialisasi lebih termotivasi untuk lebih berkembang serta menambah wawasan terkait digital marketing dan dapat memajukan perekonomian para pelaku UMKM.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KARYA_JPM

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health

Description

KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian kepada masyarakat pada multidisiplin penerapan iptek baik yang berbentuk ...