ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 7 No 2 (2023)

Implementasi Kegiatan Baca Tulis Al-Qur'an Melalui Media Iqro’ dalam Pembelajaran Al-Islam di Sekolah Dasar

Cesaria Maulida (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sukartono Sukartono (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) melalui media Iqro’ dalam pembelajaran Al-Islam di sekolah dasar. Kegiatan BTA merupakan kegiatan dalam mengembangkan kemampuan BTA pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan desain penelitian fenomenologi. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas 1, dan siswa kelas 1 SD Muhammadiyah PK Baturan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Selanjutnya data akan dianalisis dengan menggunakan tiga alur analisis data, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penggunaan media Iqro’ yang diajarkan pada siswa disesuaikan dengan kemampuan siswa dalam membaca Iqro’ berdasarkan jilid 1 sampai dengan 6. Kegiatan BTA dilaksanakan pada hari senin sampai hari jumat setelah siswa melaksanakan sholat dhuha. Berdasarkan kelompok yang telah dibagi, siswa membaca buku Iqro’ yang akan disimak oleh guru. Sedangkan kemampuan menulis Al-Qur’an diimplementasikan melalui pembelajaran Al-Islam. Dengan demikian siswa lebih mudah mengenal dan memahami huruf-huruf hijaiyah sesuai dengan tingkat kesulitannya. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

ELSE adalah jurnal ilmiah tentang pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah ...