Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) melalui media Iqro’ dalam pembelajaran Al-Islam di sekolah dasar. Kegiatan BTA merupakan kegiatan dalam mengembangkan kemampuan BTA pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan desain penelitian fenomenologi. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas 1, dan siswa kelas 1 SD Muhammadiyah PK Baturan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Selanjutnya data akan dianalisis dengan menggunakan tiga alur analisis data, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penggunaan media Iqro’ yang diajarkan pada siswa disesuaikan dengan kemampuan siswa dalam membaca Iqro’ berdasarkan jilid 1 sampai dengan 6. Kegiatan BTA dilaksanakan pada hari senin sampai hari jumat setelah siswa melaksanakan sholat dhuha. Berdasarkan kelompok yang telah dibagi, siswa membaca buku Iqro’ yang akan disimak oleh guru. Sedangkan kemampuan menulis Al-Qur’an diimplementasikan melalui pembelajaran Al-Islam. Dengan demikian siswa lebih mudah mengenal dan memahami huruf-huruf hijaiyah sesuai dengan tingkat kesulitannya.Â
Copyrights © 2023