Dinner roll virtual laboratory merupakan media yang memiliki fitur dua arah serta berisikan gambar, teks, animasi yang menjadikan peserta didik mudah memahami materi. Media ini di rancang untuk memudahkan peserta didik memahami konsep dari pembuatan kue dari adonan beragi. Adapun penelitian ini memiliki tujuan mengetahui kelayakan media virtual laboratory pada pengetahuan membuat kue dari adonan beragi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan/ model 4D; define, design, develop, disseminate. Pada penelitian ini peneliti menggunakan hingga tahap develop (pengembangan), sehingga menjadikan pengembangan ini memiliki tiga tahap. Pada tahap ketiga pada uji validasi kelayakan media melibatkan dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Serta pada uji terbatas pengujian dilakukan pada peserta didik kelas XII kuliner yang ada di SMK Negeri 6 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, serta instrumennya menggunakan lembar observasi kelayakan. Analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilalui peneliti diperoleh: media dinner roll virtual laboratory mendapatkan penilaian dari ahli materi dan ahli media 94,5% dan 66% , dan respon dari peserta didik kelas XII kuliner sebesar 99,6%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan pengembangan media dinner roll virtual laboratory pada SMK Negeri 6 Surabaya layak dan efektif untuk digunakan.
Copyrights © 2023