Ulil Albab
Vol. 2 No. 10: September 2023

Studi terhadap Kecerdasan Emosional dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII SMP It Al-Biruni Makassar

Rachmawati Rachmawati (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Muhammad Ibrahim (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Anshar Sultan (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2023

Abstract

Studi Terhadap Kecerdasan Emosional dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII SMP IT-AL Biruni Mandiri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif, objek penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian membahas tentang: 1) kecerdasan emosional siswa dalam pembelajaran bahasa Arab dilihat dari lima indikator rata-rata memiliki kecerdasan emosional yang sudah baik. Dalam aspek sikap empati, tolong menolong dan membina hubungan sosial juga kerja sama dapat dikatakan cukup baik hal ini terlihat dari perilaku yang ditunjukkan siswa. Sementara untuk kemampuan mengendalikan dan memahami emosi, kepercayaan diri dan motivasi diri siswa dapat dikategorikan cukup karena sebagian besar siswa sudah cukup bisa dipercaya dan memiliki motivasi tinggi dalam belajar sehingga dapat dikategorikan sudah baik. 2) Faktor-Faktor yang mempengaruhi adalah faktor internal dari diri siswa dan eksternal seperti lingkungan, keluarga perhatian orang tua terhadap anaknya tentang kesadaran dan dorongan belajar di luar sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Public Health Social Sciences Other

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, Seni, Pertanian, ...