Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas
Vol 7 No 1 (2023): Vol.7,No.1,2023

Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen untuk memilih the links restaurant, new kuta golf, badung - bali

I Gusti Ngurah Hiyana Putra (Universitas Udayana)
Ni Made Ariani (Udayana University)
Agung Sri Sulistyawati (Udayana University)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini didasari oleh faktor yang menjadi pengaruh terhadap minat konsumen yang datang berkunjung ke restoran. Restoran merupakan sarana industri pendukung pariwisata yang menjual produk di bidang makanan untuk kebutuhan wisatawan atau seorang konsumen. Johan dan Agung (2018) mengungkapkan terdapat beberapa faktor yang menentukan konsumen untuk makan di restoran yaitu harga, layanan, variasi makanan, kualitas makanan, kebersihan, suasana restoran, kenyamanan, jam operasional dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dan faktor dominan dalam memilih The Links Restaurant New Kuta Golf, Badung-Bali. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik penentuan responden berdasarkan quota sampling dan incidental sampling dengan metode slovin serta jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis faktor konfirmatori. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat tujuh faktor yang menentukan konsumen untuk memilih The Links Restaurant. Adapun faktor tersebut adalah faktor 1 (kualitas makanan) memiliki Eigenvalue sebesar 4.156, faktor 2 (atmosfer restoran) memiliki Eigenvalue sebesar 2.201, faktor 3 (harga) memiliki Eigenvalue sebesar 1.936, faktor 4 (kualitas pelayanan) memiliki Eigenvalue sebesar 1.639, faktor 5 (faktor menu makanan) memiliki Eigenvalue sebesar 1.394, faktor 6 (lingkungan) memiliki Eigenvalue sebesar 1.212 dan faktor 7 (lokasi) memiliki Eigenvalue sebesar 1.050. Faktor dominan yang mempengaruhi konsumen untuk memilih The Links Restaurant, New Kuta Golf yaitu faktor 1 (kualitas makanan) dengan nilai eigenvalue sebesar 4.156.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkh

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...