Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas
Vol 7 No 1 (2023): Vol.7,No.1,2023

Pengaruh bauran pemasaran (4p) terhadap keputusan menginap wisatawan di hotel vila lumbung seminyak

Bagas Alldiyansyah Putra (Student)
Agus Muriawan Putra (Udayana University)
Ni Made Ariani (Udayana University)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2023

Abstract

Berbagai latar belakang alasan wisatawan menggunakan jasa layanan hotel dimulai karena kebutuhan saat berlibur yang menjadi kebutuhan utama saat bepergian jauh bagi kalangan wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bauran Pemasaran terhadap keputusan menginap wisatawan di Hotel Vila Lumbung Seminyak. Dimana variabel independen yaitu produk (X1), Harga (X2), promosi (X3), dan Tempat (X4) mempengaruhi keputusan menginap (Y) sebagai variabel dependennya. Responden dalam penelitian ini adalah wisatawan yang pernah menginap dan sedang menginap di Hotel Vila Lumbung Seminyak sebanyak 100 orang responden . Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan data dikumpulkan melalui kuesioner. Kemudian data di analisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan bantuan Software SPSS (Statistical Package for Social Science) for Windows versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (uji-F), terlihat bahwa Fhitung (39,622) > Ftabel (2,31) dengan sig F = 0,000) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menginap dengan besaran pengaruh 62,5%. Sedangkan secara parsial Variabel Produk, menunjukkan thitung (2,452) < ttabel (1,985) dan 0,016 > 0.05, yang artinya variabel Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menginap, variabel Harga secara parsial, menunjukkan thitung (2,821) > ttabel (1,985) dan nilai sig. 0,006 < 0.05 yang artinya variabel Harga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Keputusan Menginap, sedangkan variabel Promosi didapatkan thitung (1,188) < ttabel (1,985) dengan sig. (0,238) > 0. yang artinya kedua variabel tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Keputusan Menginap. Pengaruh secara dominan dilihat dari nilai Unstandardized Coefficients Beta dimana Harga yang memiliki nilai tertinggi yaitu 0.401, hal ini disebabkan karena wisatawan menilai harga yang dibayarkan wisatawan sudah sesaui dengan kualitas produk dan pelayanan yang diterima selama menginap di Hotel Vila Lumbung Seminyak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkh

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...