Obor: Oikonomia Borneo
Vol. 5 No. 1 (2023): April

ANALISIS PENERAPAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 20 TAHUN 2018 DALAM PERENCANAAN, PELAKSANAAN, PENATAUSAHAAN, PELAPORAN DAN PERTANGGUNGJAWABAN APBDES TAHUN 2020. (Studi Kasus Di Desa Muara Siram Kecamatan Bongan Kabupaten Kutai Barat)

Beri Beri (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda)
Pantas Pangondian Pardede (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda)
Firmansyah Firmansyah (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2023

Abstract

Beri , Analisis Penerapan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 Dalam Perencanaan, Pelaksanaan, Penatausahaan, Pelaporan Dan Pertanggungjawaban Apbdes Tahun 2020. (Studi Kasus Di Desa Muara Siram Kecamatan Bongan Kabupaten Kutai Barat)dengan Dosen Pembimbing I Bapak Dr. Martinus Robert H, SE,MM,Ak,CA,ACPA dan Dosen Pembimbing II, Bapak Pantas Pardede, SE.,M.Si., Ak., CA. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 Dalam Perencanaan, Pelaksanaan, Penatausahaan, Pelaporan Dan Pertanggungjawaban APBdes Tahun 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, di mana peneliti melakukan observasi ke kantor Desa Benua Muara Siram Kecamatan Bongan Kabupaten Kutai Barat dan mengumpulkan data dengan cara dokumentasi serta wawancara kepada beberapa informan, kemudian menganalisis dan menyimpulkan data tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa penerapan pengelolaan keuangan di Desa Muara Siram sebagian besar sudah sesuai dengan acuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018. Hanya saja ada beberapa ketidaksesuaian penerapan pengelolaan keuangan desa di Desa Muara Siram yaitu, terlambatnya pemerintah desa Muara siram dalam melaksanakan kegiatan yang kemudian menyebabkan terlambatnya juga proses penyusunan laporan realisasi dan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBDes. Kemudian kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang memahami penginputan laporan pertanggungjawaban ke dalam Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) sehingga memperlambat proses pembuatan laporan realisasi dan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBDes di Desa Muara Siram.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

oikonomia

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Oikonomia Borneo (OBOR) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Jurnal terbit secara berkala dua kali setahun pada bulan April (periode November-April) dan Oktober (periode Mei-Oktober). Jurnal diterbitkan sebagai media untuk ...