Jurnal Pendidikan Edutama
Vol 10, No 1 (2023): January 2023

Hubungan Berpikir Positif Dan Stress Akademik Pada Siswa Sekolah Menengah Atas

Narastri Insan Utami (Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia)
Eti Fari’ah (Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Berpikir positif merupakan keterampilan yang penting dimiliki untuk menghadapi tekanan akademik pada siswa SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan negatif antara berpikir positif dan stres akademik pada siswa SMA bilingual. Penelitian ini melibatkan 102 siswa SMA di institusi bilingual dan menggunakan skala stres akademik serta skala berpikir positif sebagai instrumen penelitian. Hasil analisis menggunakan teknik korelasi product moment menunjukkan hubungan yang negatif antara berpikir positif dan stres akademik pada siswa SMA bilingual, dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar -0,572 dan p=0,001(p≤0,01). Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa berpikir positif memberikan kontribusi efektif sebesar 32,8% dalam mengurangi stres akademik pada siswa SMA bilingual. Temuan ini memberikan implikasi penting untuk upaya mengurangi tingkat stres akademik pada siswa SMA dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Jurnal Pendidikan Edutama

Publisher

Subject

Education

Description

Edutama Journal of Education (Jurnal Pendidikan Edutama) is double -blind peer reviewed open access journal that provides publication of articles in all education field. it aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research finding in provide a platform scientists and ...