Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Edukasi Sistem Informasi (JUST-SI)
Vol 4 No 1 (2023): Agustus

Analisis Tingkat Penerimaan Penerapan Aplikasi Pemesanan Dine In Terintegrasi Pembayaran Digital (Studi Kasus : Resto & Cafe Omah Tepi Sawah)

Miftakhul Fitria Nugraheni (Universitas Brawijaya, Malang)
Dian Eka Ratnawati (Universitas Brawijaya, Malang)
Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra (Universitas Brawijaya, Malang)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2023

Abstract

Resto & Cafe Omah Tepi Sawah adalah salah satu bisnis kuliner di Kabupaten Bojonegoro. Restoran ini memiliki permasalahan dalam pemesanan dine in dan pembayarannya, pelayan yang tidak kunjung datang untuk memberikan buku menu dan mencatat pesanan pelanggan karena keadaan restoran yang cukup ramai, serta antrian yang cukup panjang di kasir. Restoran berencana akan menerapkan aplikasi Interactive MyOrder QR Code yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan pelanggan terhadap aplikasi dan mengidentifikasi variabel-variabel yang berpengaruh untuk meningkatkan adopsi aplikasi oleh pelanggan. Pada penelitian ini menggunakan model UTAUT. Teknik pengambilan sampel non-probabilitas yang dipilih adalah purposive sampling. Peneliti ingin memilih sampel yang dapat memberikan informasi yang relevan dan spesifik. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan teknik SEM-PLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelanggan menerima penerapan aplikasi Interactive MyOrder QR Code dengan dibuktikan adanya variabel ekspektasi kinerja, pengaruh sosial, dan kondisi pendukung yang berpengaruh terhadap niat perilaku menggunakan sistem. Variabel kondisi pendukung memiliki kontribusi yang besar terhadap variabel niat perilaku untuk menggunakan sistem karena memiliki nilai t-statistic yang lebih besar daripada variabel lainnya. Variabel ekspektasi usaha tidak berpengaruh  terhadap niat perilaku menggunakan sistem. Hasil ini disebabkan oleh karakteristik demografi responden yang didominasi oleh rentang usia 20-30 tahun, yang cenderung memiliki motivasi yang tinggi dalam menggunakan teknologi, tanpa terlalu memperhatikan usaha yang dibutuhkan. Pelanggan juga tidak mengharapkan bahwa aplikasi tersebut mudah digunakan, mereka akan tetap menggunakan aplikasi tersebut selama memberikan kinerja yang baik dalam pemesanan dine in dan pembayaran digital di Resto & Cafe Omah Tepi Sawah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

just-si

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Edukasi Sistem Informasi (JUST-SI) diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya mulai Juli 2020. JUST-SI menerima naskah berupa hasil riset empiris, tutorial, notulen, dan opini yang berhubungan dengan Sistem Informasi. Ruang lingkup ...