Jurnal Transformatika
Vol 21, No 1 (2023): July 2023

Analisis Loyalitas Customer Perusahaan Konveksi dengan Model RFM dan Algoritma k-Means

Gerian, Matthew (Unknown)
Nataliani, Yessica (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2023

Abstract

Strategi yang baik diperlukan suatu perusahaan dalam menjalankan usahanya. CV. Karunia Jaya merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang konveksi yanag menjual pakaian bayi. Dalam pelayanan terhadap customer CV. Karunia Jaya belum menerapkan strategi Customer Relationship Management (CRM). Untuk mengetahui loyalitas customer maka perlu dilakukan segmentasi pelanggan terhadap customer. Penelitian ini menggunakan data transaksi dari tahun 2021-2022. Algoritma k-means digunakan dalam penentuan cluster berdasarkan model Recency, Frequency, dan Moneetary (RFM), dibantu dengan tools Weka 3.8.6. Metode elbow digunakan untuk mencari jumlah cluster terbaik dari sekelompok data. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat 27 customer yang terbagi dalam tiga cluster, 21 customer potensi rendah, tiga customer potensi sedang, dan tiga customer potensi tinggi. Perusahaan dapat memberikan layanan yang berbeda terhadap setiap kelompok customer, sehingga hal tersebut dapat menguntungkan perusahaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

TRANSFORMATIKA

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Transformatika is a peer reviewed Journal in Indonesian and English published two issues per year (January and July). The aim of Transformatika is to publish high-quality articles of the latest developments in the field of Information Technology. We accept the article with the scope of Information ...