SINEKTIKA: Jurnal Arsitektur
Vol 20, No 2: Juli 2023

Strategi Adaptasi Keruangan untuk Fungsi Dapur pada Rumah KPR Bersubsidi Tipe-36

Hissa Arfira (Magister Arsitektur, Departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada)
Ahmad Sarwadi (Departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2023

Abstract

Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) merupakan salah satu program yang disediakan oleh pemerintah yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat terutama Masyarakat Berpenghasilan Rendah dalam memenuhi kebutuhan rumah karena memiliki harga yang terjangkau. KPR bersubsidi merupakan KPR yang dikhususkan untuk masyarakat dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah. KPR bersubsidi ini juga merupakan salah satu program pemerintah dalam menyediakan perumahan yang terjangkau bagi masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah dengan bentuk substansinya telah diatur oleh pemerintah. Perumahan KPR sudah tersebar hingga ke Provinsi Aceh dibeberapa kabupaten dan kota salah satunya di Kabupaten Aceh Barat. Salah satunya yaitu rumah KPR bersubsidi yang terdapat pada perumahan Griya Mahoni Aceh Barat. Berdasarkan hasil observasi awal (grandtour) ditemukan beberapa fenomena seperti terjadinya perubahan fisik pada rumah KPR bersubsidi tipe 36 m2 menyebabkan rumah tersebut berubah dari bentuk aslinya. Selain itu juga terdapat suatu fenomena ketidaktersediaan ruang dapur pada rumah menyebabkan penghuni melakukan berbagai bentuk adaptasi pada huniannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi adaptasi keruangan untuk fungsi dapur yang dilakukan penghuni pada rumah tipe 36 m2 sebagai wujud penyesuaian untuk memenuhi kebutuhan penghuni agar memiliki ruang yang dapat difungsikan sebagai ruang dapur. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus tipe single case dengan metode analisis yang digunakan yaitu deskriptif eksploratif. Hasil penelitian yang telah didapatkan menunjukkan bahwa terdapat 4 strategi adaptasi yang telah dilakukan penghuni pada rumah KPR bersubsidi tipe 36 m2 di Perumahan Griya Mahoni, Aceh Barat yaitu Adjustable, versatile, convertible dan scalable.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sinektika

Publisher

Subject

Arts Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

SINEKTIKA: Jurnal Arsitektur is a scientific journal of the Architecture Department, Faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Surakarta which focuses on delivering information on the results of scientific research conducted by researchers, especially in the field of architecture. The ...