Journal of Aafiyah Health Research (JAHR)
Vol. 4 No. 1 (2023): JANUARY-JUNE

Strategi Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Beerencana Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Mengikuti Program Keluarga Berencana di Kota Makassar: Strategy of the Office of Population Control and Family Planning to Increase Community Participation in the Family Planning Program in Makassar City

Susilawati Susilawati (Rumah Sakit Umum Wisata)
Andi Muhammad Multazam (Master in Public Health, Postgraduate Program, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Haeruddin Haeruddin (Master in Public Health, Postgraduate Program, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Reza Aril Ahri (Master in Public Health, Postgraduate Program, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Een Kurnaesih (Master in Public Health, Postgraduate Program, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Fatmah Afrianty Gobel (Master in Public Health, Postgraduate Program, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis strategi Dinas Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana terhadap penguatan keterlibatan masyarakat dalam program KB Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif karena penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif murni, yaitu penulis ingin mendeskripsikan dan menganalisis pendekatan pengendalian penduduk dan pelayanan KB untuk penguatan keterlibatan masyarakat dalam program KB di Kota Makassar. Wawancara, observasi, dan telaah dokumen merupakan metode pengumpulan data. Peneliti mewawancarai kepala dinas, kepala bagian pengendalian, dan kepala subbagian kependudukan dan keluarga berencana di Dinas Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana Kota Makassar di Provinsi Sulawesi, serta ibu-ibu yang telah mengadopsi KB. Prosedur pengolahan dan analisis data adalah analisis kualitatif yang terdiri dari lima tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perumusan kebijakan menggambarkan bahwa derajat perumusan sudah dilakukan dengan baik setiap tahunnya, (2) Implementasi program, khususnya a. aspek sosialisasi, menurut temuan penelitian yang berkaitan dengan teori strategi, dilihat dari dimensi pelaksanaan sosialisasi, peningkatan keterlibatan masyarakat dalam program KB tampaknya cukup efektif jika diukur dari jumlah peserta yang terlibat dalam KB aktif, b. pengendalian penduduk, dan Sesuai dengan temuan penelitian terdahulu, pemasangan program pengendalian dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program KB. 3. Evaluasi dan Pengawasan Dalam hal evaluasi dan pemantauan keterlibatan masyarakat dalam program KB, statistik menunjukkan relatif tinggi, dengan rata-rata 68% menggunakan KB dan sisanya 32% tidak menggunakan KB.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jahr

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Journal of Aafiyah Health Research (JAHR) P-ISSN: 2722-4929, E-ISSN: 2722-4945 is an electronic and papers, open-access, and peer-reviewed journal. JAHR is dedicated to publishing results of research and literature review from different areas of public health, which includes the study of ...