Al-Irsyad Journal of Physics Education
Vol 2 No 2 (2023): Juli 2023

EFEKTIVITAS DZIKIR PAGI PADA KEGIATAN AWAL PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA

Nur Thahirah Umajjah (Universitas Sains Islam Al Mawaddah Warrahmah Kolaka)
AM Salahuddin Mas’ud (Pondok Pesantren Salafiyah Shahwatul Ummah)
Sri Anggriani (STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Memperkuat pemahaman siswa tentang ide-ide dapat membantu mereka mengatasi kesulitan mereka. Siswa harus memahami konsep selama proses pembelajaran. Pada tahap awal proses pembelajaran, dzikir pagi dapat membantu siswa mempertahankan fokus, yang dapat mengurangi kesulitan belajar. Siswa Pondok Pesantren Salafiyah Shahwatul Ummah berharap dapat memahami konsep fisika melalui dzikir pagi pada kegiatan awal. Dengan desain quasi-eksperimen, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan efek pada kriteria tinggi dengan d = 0,8, sedangkan kelompok kontrol menunjukkan peningkatan efek pada kriteria sedang dengan d = 0,7. Siswa akan lebih memahami konsep jika mereka membiasakan diri berdzikir setiap pagi sebelum mulai kelas. Peningkatan ini menunjukkan bahwa dzikir pagi di pagi hari bermanfaat untuk membangun pemahaman konsep fisika siswa. Penelitian yang lebih mendalam dan kajian ilmiah lebih lanjut diperlukan untuk secara lebih khusus mengukur dan memahami efek dzikir pagi pada pemahaman konsep fisika siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Al-Irsyad Journal of Physics Education (IJPE), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan Fisika. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, ...