Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS)
Vol 1 No 3 (2023): Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS)

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Xi SMA Negeri 3 Pangkep

Siti Najemia Naim (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ,Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia)
Sri Rahmawati (Unknown)
Nasir (Unknown)
Jumriah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2023

Abstract

 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model pembelajaran discovery learning yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA UPT SMA Negeri 3 Pangkep. Teknik dokumentasi, observasi, dan tes merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan tujuan penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan. Diperoleh bahwa adanya peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dari setiap siklus, dengan hasil 46,66% pada siklus I meningkat menjadi 83,33% pada siklus II. Terjadinya peningkatan persentase kehadiran siswa, perhatian, minat, keaktifan, serta semangat belajar siswa dalam proses belajar mengajar. Sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI IPA UPT SMA Negeri 3 Pangkep Tahun pelajaran 2022/2023.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gurupencerahsemesta

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Pencerah Semesta atau disingkat JGPS merupakan wadah publikasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dikelola dalam lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar melalui Unit Program Pemantapan Profesi Keguruan (P2K). Jurnal ilmiah ini ...