Poster yang disertai QR-Code dalam penelitian ini merupakan salah satu media pembelajaran berbasis digital yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar. Berdasarkan analisis kebutuhan dengan responden sebanyak 48 mahasiswa yang terdiri dari Angkatan 2018 dan 2019 yang aktif dan sudah mengikuti mata kuliah Tata Rias Wajah, didapatkan hasil 98% mahasiswa membutuhkan sumber belajar lain dan 74% mahasiswa setju bahwa media pembelajaran yang lebih menarik yaitu menggunakan poster dengan QR-Code yang berisikan video tutorial praktik. Tujuan dari pengembangan poster yang disertai dengan QR-Code menggunakan perangkat lunak Canva yaitu agar mahasiswa tata rias Universitas Negeri Jakarta memiliki sumber belajar tambahan yang layak dijadikan refrensi bahan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, and Desseminate). Uji kelayakan dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji praktikalitas dilaksanakan dengan dua tahap yaitu one to one dan small group pada mahasiswa prodi S1 Pendidikan Tata Rias Wajah Angkatan 2018 dan 2019 Universitas Negeri Jakarta. Instrument yang digunakan adalah kusioner tertutup berupa angket yang dibagikan menggunakan link google form.
Copyrights © 2023