Healthy Journal
Vol. 14 No. 02 (2023): AKURAT Edisi Mei-Agustus 2023 | Jurnal Ilmiah Akuntansi FE UNIBBA

PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN PENGENDALIAN INTERNAL KEUANGAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi Survei Pada Pemerintahan Desa di Kecamatan Paseh)

Muhammad Iqbal (Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi Universitas Bale Bandung)
Djodi Setiawan (Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi Universitas Bale Bandung)
Siti Sarah (Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi Universitas Bale Bandung)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi dan Pengendalian Internal Keuangan terhadap Kinerja Pegawai studi survei pada Pemerintahan Desa di Kecamatan Paseh. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan 60 kuesioner kepada 12 Desa di Kecamatan Paseh. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis jalur dan pengujian hipotesis. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial penerapan sistem informasi akuntansi mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai dimana hasil tersebut dibuktikan dengan hasil uji thitung lebih besar dari ttabel (5,310>2,002) dengan signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) dan terdapat pengaruh yang signifikan antara pengendalian internal keuangan terhadap kinerja pegawai ini dibuktikan dengan hasil uji thitung lebih besar dari ttabel (6,033>2,002) dengan signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Kemudian secara simultan penerapan sistem informasi akuntansi dan pengendalian internal keuangan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Adapun hasil koefisien determinasi sebesar 60,4% sedangkan sisanya 39,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

akurat

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Healthy Journal adalah jurnal ilmiah yang menyampaikan hasil penelitian, pemikiran maupun kreasi ilmiah dalam bidang ilmu keperawatan kesehatan. Ilmu keperawatan sebagai suatu bidang keilmuan dan seni yang berfokus kepada pemenuhan kebutuhan dasar manusia untuk mencapai status kesehatan yang ...