Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 1 No. 7 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan

Penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa MIN 2 Sarolangun

Heri Puryanto (MIN 2 Sarolangun)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV MIN 2 Sarolangun, dengan rata-rata kelas 67. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas 4 MIN 2 Sarolangun. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 MIN 2 Sarolangun, yang berjumlah 25 orang yang heterogen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tentang hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini menyajikan hasil belajar yang diperoleh dari nilai semester ganjil. Adapun hasil belajar yang terjadi dari sebelum diadakan PTK dengan rata-rata sebesar 67 dengan kategori kurang, sedangkan setelah penelitian tindakan kelas pada siklus I dengan rata-rata sebesar 69 dengan kategori cukup dan pada siklus II dengan rata-rata sebesar 73 dengan kategori baik serta pada siklus III dengan rata-rata sebesar 75 dengan kategori baik. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 4 MIN 2 Sarolangun.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educenter

Publisher

Subject

Education

Description

Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, mencakup bidang penelitian pendidikan dalam proses belajar mengajar, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, dan pengembangan ...