Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 1 No. 7 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan

Relasi ilmu sejarah dengan ilmu sosial dan relevansinya di Lembaga Madrasah

Susilaweti Susilaweti (MI Sabilul Muttaqin Lahat)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2022

Abstract

Berbagai macam masalah sosial pada saat zaman penjajahan yang timbul menjadi tantangan bagi madrasah untuk terus mempertahankan eksistensinya hingga saat ini. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis relasi ilmu sejarah dengan ilmu sosial dan relevansinya di Lembaga Madrasah. Pendekatan yang digunakan dalam studi ini adalah pendekatan literatur. Pendekatan literatur mencakup penggunaan sumber-sumber literatur seperti buku, artikel ilmiah, dokumen, dan referensi lainnya sebagai landasan penelitian ini. Penelitian ini akan mengarah pada eksplorasi dan analisis terhadap sumber-sumber kepustakaan yang berkaitan dengan hubungan antara Ilmu Sejarah dan Ilmu Sosial, serta relevansinya dalam konteks lembaga madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ilmu sejarah dan sosial memiliki keterkaitan dalam perkembangan manusia dari tiap zaman. Dengan bersosial manusia akan mampu mencetak sejarahnya masing-masing. Kemudian madrasah syarat akan nilai historis atau sejarah yang mampu terbentuk dan tercipta karena rasa empati dan simpati para ulama nusantara terhadap pendidikan Islam dalam bentuk madrasah yang memiliki kedekatan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat menengah ke bawah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educenter

Publisher

Subject

Education

Description

Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, mencakup bidang penelitian pendidikan dalam proses belajar mengajar, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, dan pengembangan ...