Linggau Journal of Elementary School Education
Vol. 3 No. 1 (2023): Linggau Journal of Elementary School Education

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI

Haryono, Mimpira (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada anak kelompok B di Satuan PAUD Putri Ayu Kota Bengkulu. Subjek utama dalam penelitian ini adalah pada anak kelompok B berjumlah 15 anak. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Jhon Elliot dimana setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif-kuantitatif dengan penekananya digunakan untuk menentukan peningkatan proses yang dinyatakan dalam sebuah predikat, sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk menentukan peningkatan hasil dengan menggunakan persentase. Hasil peningkatan kemampuan berpikir kritis pada anak kelompok B menggunakan media gambar seri pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II didapati peningkatan sebesar 96%. Simpulan penelitian bahwa melalui penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada anak. Terbukti pada siklus II terjadi peningkatan signifikan, hasil persentase pencapaian sebesar 96% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ljese

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

LJESE (Linggau Journal of Elementary School Education) merupakan jurnal bagi mahasiswa, guru dan dosen yang berorientasi pada Pendidikan Sekolah Dasar. LJESE merupakan bagian dari LP3MKIL (Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan karya Ilmiah Linggau) yang berdiri pada Februari 2021. ...