Bilancia : Jurnal Ilmiah Akuntansi
Vol 7 No 3 (2023): Bilancia : Jurnal Ilmiah Akuntansi

PENGARUH PENGETAHUAN WAJIB PAJAK, KESADARAN WAJIB PAJAK, TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PENGGUNA E-COMMERCE

Indira Dwi Yuliani (Universitas Muhammadiyah Riau)
Linda Hetri Suriyanti (Universitas Muhammadiyah Riau)
Intan Putri Azhari (Universitas Muhammadiyah Riau)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

ABSTRACT The purpose of this study was to determine the effect of taxpayer knowledge, taxpayer awareness, and information technology on taxpayer compliance with e-commerce users. This study uses quantitative research methods, with the data used are primary data and secondary data obtained directly from the respondents. This research was conducted using a survey method that distributes offline questionnaires to MSME taxpayers who have e-commerce in Pekanbaru. Sampling was done by probability sampling technique using the Slovin formula so that the sample obtained was 100 respondents. Hypothesis testing in this study using multiple linear regression analysis. Data testing was carried out with SPSS 21 to obtain the values used to conclude the research results. The results of this study indicate that taxpayer knowledge and information technology affect taxpayer compliance with e-commerce users, while taxpayer awareness has no effect on taxpayer compliance with e-commerce users. Keywords : Taxpayer Knowledge, Taxpayer Awareness, Information Technology, Taxpayer Compliance E-Commerce Users. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan wajib pajak, kesadaran wajib pajak, dan teknologi informasi terhadap kepatuhan wajib pajak pengguna e-commerce. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh langsung dari responden. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei yang menyebarkan kuesioner secara offline kepada wajib pajak UMKM yang memiliki e-commerce di Pekanbaru. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling dengan menggunakan rumus Slovin sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 100 responden. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengujian data dilakukan dengan SPSS 21 untuk mendapatkan nilai-nilai yang digunakan untuk menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan wajib pajak dan teknologi informasi berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak pengguna e-commerce, sedangkan kesadaran wajib pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak pengguna e-commerce. Kata Kunci : Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Teknologi Informasi, Kepatuhan Wajib Pajak Pengguna E-commerce.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

BILANCIA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Bilancia : Jurnal Ilmiah Akuntansi (p-ISSN: 2549-5704 ; e-ISSN: 2685-5607) yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pelita Indonesia Pekanbaru mempublikasikan artikel - artikel di bidang Akuntansi serta penelitian – penelitian lain yang terkait seperti akuntansi, perpajakan, ...