Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN)
Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN)

Sosialisasi Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Pengembangan Usaha Peternakan di Kabupaten Klaten

Ina Nurtanti (Universitas Muhammadiyah Karangayar, Indonesia)
Desna Ayu Wijayanti (Universitas Muhammadiyah Karangayar, Indonesia)
Ardian Ozzy Wianto (Universitas Muhammadiyah Karangayar, Indonesia)
Dzikrina Aqsha Mahardika (Universitas Muhammadiyah Karangayar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Perkembangan usaha peternakan semakin pesat, hal ini seiring dengan perkembangan teknologi baik dibidang budidaya maupun sistem pemasaran. Digital marketing ini diharapkan menjadi terobosan pengembangan bisnis peternakan diera digital 4.0. Minimnya sosialisasi dan sharing knowledge terkait dengan pemanfaatan e-comerce memberi pengaruh dalam keterbatasan peternak. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan potensi dan nilai jual produk peternakan di Desa Ngabeyan dengan sosialisasi dan pendampingan digital marketing. Sosialisasi menggunakan metode ceramah dan diskusi serta demo dan praktek, audien dapat paham dan menyerap materi dengan baik. Hasil dari sosialisasi, peternak antusias menerima materi dengan diskusi aktif dan paham membuat promosi di media sosial. Kesimpulan dari sosialisasi ini peternak dapat mengadopsi inovasi teknologi pemasaran sesuai dengan era nya melalui sosialisasi sehingga diharapkan dapat mengembangkan prospek usaha di bidang peternakan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal JPkMN adalah jurnal yang diterbitkan oleh lembaga sistem informasi dan teknologi (SISFOKOMTEK) medan yang bertujuan untuk mewadahi tentang hasil pengabdian kepada masyarakat. JPkMN (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara) adalah wadah informasi berupa hasil pengabdian, studi ...