Perkembangan internet mengharuskan seluruh pelaku usaha untuk mempelajari perkembangan internet untuk dimanfaatkan dalam menunjang penjualan. Indonesia memiliki tingkat penetrasi yang tinggi dalam penggunaan internet. E-commerce menjadi pilihan orang Indonesia dalam penggunaan internet untuk kegiatan jual beli. Sebagai pelaku UMKM perlu mempelajari pemanfaatan digital marketing untuk membantu penjualan. Namun, fakta dilapangan beberapa pelaku UMKM belum bisa menerapkan pemanfaatan digital marketing karena tidak ada pelatihan. Dalam menyampaikan pelatihan, diperlukan metode agar peserta pelatihan dapat menangkap materi yang disampaikan. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode suggestopedia. Metode suggestopedia merupakan metode yang menafaatkan sugesti dalam proses belajarnya yang dikembangkan oleh seorang psikiater dan pakar pendidikan dari Bulgaris yang bernama George Lazanov. Peserta pelatihan merupakan pelaku UMKM di umur remaja hingga paruh baya. Dalam penelitian menjelaskan metode ini dapat diterapkan pada pelaku usaha di umur remaja. Namun untuk pelaku usaha paruh baya mengaku mengalami kesulitan dalam pemahaman materi yang disampaikan.
Copyrights © 2023