Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton
Vol. 9 No. 3 (2023): Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton

Implikasi Kedudukan Dana Pensiun dalam Penguasaan Lahan sebagai Instrument Investasi (Studi Kasus Investasi Dana Pensiun Hutama Karya): (Studi Kasus Investasi Dana Pensiun Hutama Karya)

Edy Sanyoto (Universitas Al-Azhar Indonesia)
Suparji Achmad (Universitas Al-Azhar Indonesia)
Aris Machmud (Universitas Al-Azhar Indonesia)
Caskiman Caskiman (Universitas Al-Azhar Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2023

Abstract

Program dana pension berkembang seiring dengan kesadaran masyarakat untuk merencankan keuangannya pada pada purnabakti. Tujuan dari penelitian penulis yaitu untuk mengetahui dan menganalisa kedudukan dana pensiun (pension fund) sebagai badan hukum (legal entities) investasi tanah (land tenure) dana pensiun serta tantangan dan hambatan dalam penguasan lahan dalam rangka pemenuhan Peraturan OJK No. 3 Tahun 2015. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif menjelaskan keadaan sifat atau hakikat nilai suatu objek atau gejala tertentu sehingga dapat diambil kesimpulan secara utuh dengan menggunakan sumber hukum primer, sekunder dan tersier serta konsep teori yang relevan. Adapun hasil dari penelitan tersebut adalah bahwa Dana Pensiun sebagai subjek hukum berdasarkan pendekatan normatif (yuridis), aspek teoritis konstitusi, aspek ideologis. Adapun tantangan dan hambatan dalam penguasaan lahan oleh dana pension perlu adanya solusi dari BPN untuk upaya solutif untuk mengatasi kendala pendaftaran atas tanah oleh dana pensiun agar mendapatkan kepastian hukum karena pada dasarnya dana pension sebagai subjek hukum yang dapat melakukan perbutan dan pertanggungjawaban hukum serta memiliki kekayaan sendiri yang dipisahkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pencerah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Sang Pencerah adalah jurnal Universitas Muhammadiyah Buton. Penerbitan jurnal tersebut, atas dasar untuk meningkatkan publikasi karya ilmiah baik dosen-dosen Universitas Muhammadiyah Buton maupun dosen-dosen di luar lingkup Universitas Muhammadiyah ...