JURNAL MUTIARA AKUNTANSI
Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal Mutiara Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Berbasis Fintech Sebagai Preferensi UMKM (Studi Fenomenologi pada UMKM Pengguna Layanan E-Wallet OVO di Kabupaten Karawang)

Trias Arimurti (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Dhea Imroatul Fatihah (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Aulia Nur Endayani (Universitas Buana Perjuangan Karawang)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Semakin berkembangnya tingkat kecanggihan teknologi yang memberikan dampak adanya perubahan pola hidup masyarakat dalam melakukan transaksi salah satunya sistem pembayaran yang hampir digunakan sehari-hari yang perlahan akan menggeser uang kartal menjadi bentuk digital yang dirasa lebih mudah, aman, efektif dan efisien. Financial technology (fintech) adalah layanan keuangan berbasis teknologi di Indonesia, dikenal dengan istilah 'dompet elektronik' yang salah satunya adalah OVO. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan penerapan dari pelaku bisnis yakni UMKM yang ada di Kabupaten Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui studi fenomenologi mengenai penggunaan OVO sebagai bagian dari penjualan para UMKM. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tidak adanya resistensi besar dari pelaku UMKM terhadap penggunaan fintech e-wallet OVO. Namun tak dapat dipungkiri dengan layanan dompet elektronik ini memberikan dampak bagi pengelolaan keuangan mereka menjadi lebih terorganisir. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JMA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmu Akuntansi Universitas Sari Mutiara Indonesia berupaya untuk memaparkan pemikiran kritis maupun hasil penelitian yang berpijak kepada eksistensi Ilmu Akuntansi menghadapi dinamika ekonomi, keuangan dan bisnis. Jurnal Ilmu Akuntansi Universitas Sari Mutiara Indonesia terbit 1 edisi selama ...