Anatomi merupakan ilmu dasar yang penting pada pendidikan kedokteran. Mahasiswa kedokteran harus mempelajari anatomi karena tanpa pemahaman anatomi yang kuat, mahasiswa tidak dapat melakukan pemeriksaan fisik yang merupakan prosedur utama dalam menentukan diagnosis penyakit. Umumnya materi anatomi diberikan secara tradisional melalui kuliah dilanjutkan dengan praktikum. Dosen sebagai tutor secara aktif memberikan penjelasan pada mahasiswa pada saat praktikum (teacher centered). Metode tradisional ini dirasakan kurang relevan untuk dilaksanakan pada saat ini. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk melihat peran peer assisted learning (PAL) pada pendidikan kedokteran di Indonesia. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengkaji efektivitas metode PAL pada praktikum anatomi di pendidikan kedokteran. Penelitian ini merupakan kajian literatur dengan menggunakan database Google Scholar sebagai sumber untuk membandingkan artikel-artikel penelitian tentang penggunaan metode PAL pada praktikum anatomi pendidikan kedokteran. Dari 97 publikasi artikel yang diidentifikasi, ditemukan 6 artikel penelitian yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil kajian yang dilakukan terhadap 6 artikel menunjukkan bahwa metode PAL pada praktikum anatomi tidak menunjukkan peningkatan bermakna pada nilai posttest maupun hasil ujian praktikum. Hal ini menunjukkan metode PAL dapat memberikan manfaat yang sama dibandingkan dengan metode konvensional pada praktikum anatomi di pendidikan kedokteran. Keberhasilan metode ini bergantung pada keterlibatan dosen, perencanaan yang matang, latihan, dan dukungan kepada mahasiswa yang dilibatkan sebagai tutor.
Copyrights © 2023