Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah
Vol. 6 No. 1 (2023): Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah

Pengaruh Brand Trust dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Azarine yang Dimediasi oleh Kepuasan Konsumen

Nur Rahmawati (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Irmayanti Hasan (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Perusahaan manufaktur dituntut untuk menghasilkan produk yang dapat memuaskan pelanggan agar nantinya dapat mengubah pembeli menjadi pelanggan tetap atau loyal karena pasar yang semakin berkembang dan kompetitif. Faktor brand trust dan kualitas produk dapat menjadi penyebab timbulnya kepuasan bagi pelanggan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh brand trust dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi. Metode penelitian menggunakan survey dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari mahasiswa/i Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang yang menggunakan produk skincare azarine. Sampel yang digunkaan sebanyak 130 responden, dengan teknik purposive sampling & accidental sampling dalam pengambilan sampel. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif menerapkan model persamaan struktural (SEM) dan uji mediasi memakai rumus statistik upsilon v. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dalam taraf moderat, kepuasan konsumen dipengaruhi secara signifikan oleh brand trust. Kualitas Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam taraf sangat tinggi. Brand trust berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan berpengaruh rendah. Kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan konsumen secara signifikan memediasi hubungan antara brand trust dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan produk azarine. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu ukuran sampel yang relatif kecil dimana responden hanya tergolong generasi Z, selain itu terbatas pada waktu dan tempat penelitian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

syarikat

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

SYARIKAT : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah meliputi hasil penelitian dan non-penelitian (kajian teoritis, aplikasi teori dan review) tentang masalah-masalah keilmuan yang tergabung dalam rumpun ekonomi ...