Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 4 (2023)

Media Pembelajaran Berbasis Video: Apakah berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar pada Anak?

Muh. Adnan Hudain (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Makassar)
Ilham Kamaruddin (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Makassar)
Irvan Irvan (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Makassar)
Juhanis Juhanis (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Makassar)
Pius Weraman (Kesehatan Masyarakat, Universitas Nusa Cendana)
Kundharu Saddhono (Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2023

Abstract

Motivasi belajar yang tinggi pada anak usia dini membantu mereka menemukan minat dan bakatnya secara lebih dini. Ketika anak menemukan minat khusus, mereka cenderung lebih bersemangat untuk belajar dan berkembang dalam bidang yang sesuai dengan minat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh media pembelajaran berbasis video terhadap motivasi belajar pada anak usia dini. Metode studi literatur digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari sumber-sumber yang relevan. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis video memiliki potensi besar dalam meningkatkan motivasi belajar pada anak usia dini. Implikasi penelitian ini mencakup pengembangan kurikulum yang lebih menarik dengan integrasi media pembelajaran berbasis video, pelatihan bagi para guru untuk mengoptimalkan penggunaan video dalam pembelajaran, dan pentingnya peran orang tua dalam mendukung motivasi belajar anak usia dini melalui pilihan video yang mendidik dan relevan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...