Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 5 (2023): in Progress

Implementasi Pengenalan Budaya Lokal di Sentra Seni pada Anak Usia 4-6 Tahun

Ni Kadek Aris Rahmadani (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang)
Neneng Tasuah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang)
R. Agustinus Arum Eka Nugroho (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang)
Dinda Alianda (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang)
Dayati Erni Cahyaningrum (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2023

Abstract

Pengenalan budaya di sekolah sangat penting, dimana anak usia dini dapat mengenal dan melestarikan budaya di Indonesia, khususnya budaya lokal dimana mereka tinggal. Lembaga ini mengembangkan tema budaya lokal sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan, khususnya pada pembelajaran di sentra seni. Sentra ini berfokus memberikan kesempatan dalam mengembangkan berbagai keterampilan, seperti menempel, melipat menggunting, melukis, serta membuat karya seni. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengenalan budaya lokal dalam pembelajaran di sekolah melalui sentra seni. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan studi kasus. Penelitian dilakukan di TK Islam Hidayatullah pada anak usia 4-6 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan analisis data dengan Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan budaya lokal Semarang melalui media seperti video, buku, cerita, media apersepsi, miniatur, wayang, serta kegiatan yang dapat mengembangkan kegiatan di sentra seni. Guru berperan menyediakan berbagai alat dan bahan yang bervariasi, serta menyusun perangkat pembelajaran

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...