Paradigma: Jurnal Masalah Sosial, Politik, dan Kebijakan
Vol 27, No 2 (2023): Juli 2023

Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Komisaris Independen, Komite Audit, dan Diversitas Gender Dewan terhadap Tax Avoidance (Studi pada Perusahaan Manufaktur Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021)

Nurul Hidayah (Unknown)
Indro Herry Mulyanto (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta)
Didik Indarwanta (Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis UPN Veteran Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mendapatkan bukti secara empiris pengaruh dari Profitabilitas, Leverage, Komisaris Independen, Komite Audit, dan Diversitas Gender Dewan terhadap Tax Avoidance. Objek yang diamati pada penelitian ini yaitu Perusahaan Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017-2021. Penelitian yang dilakukan berjenis Explanatory Research dengan menggunakan data sekunder. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan purposive sampling untuk memilih sampel sesuai dengan kriteria tertentu. Sampel pada penelitian ini berjumlah 43 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Profitabilitas berpengaruh negatif terhadap Tax Avoidance, Leverage berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Tax Avoidance, Komisaris Independen berpengaruh positif terhadap Tax Avoidance, Komite Audit berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Tax Avoidance, dan Diversitas Gender Dewan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Tax Avoidance. Serta Profitabilitas, Leverage, Komisaris Independen, Komite Audit, dan Diversitas Gender Dewan secara simultan berpengaruh terhadap Tax Avoidance.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Library & Information Science

Description

Jurnal online Paradigma mengundang peneliti dan akademisi untuk menuliskan hasil penelitiannya untuk dipublikasikan sesuai dengan tema-tema di bawah ini kebijakan di bidang : (1) Ilmu Administrasi Bisnis; (2) Ilmu Hubungan Internasional dan (3) Ilmu ...