EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA
Vol 8, No 2 (2023): Eksakta : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA

PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SPLTV SMAN 1 LEMBAH GUMANTI

Melmiharti Melmiharti (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi , Universitas PGRI Sumatera Barat , Padang)
Rahmi Rahmi (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi , Universitas PGRI Sumatera Barat , Padang)
Mulia Suryani (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi , Universitas PGRI Sumatera Barat , Padang)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan kemandirian belajar siswa kelas X SMAN 1 Lembah Gumanti. Tujuan penelitian adalah mengukur kemandirian dan hasil belajar siswa kelas 10 ketika menggunakan media pembelajaran berbasis IT. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control group. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 10 SMAN 1 Lembah Gumanti. Prosedur tes dijalankan secara acak dan dipilih kelas X.4 sebagai kelas tes dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol. Tes pembelajaran akhir dan kuesioner belajar mandiri digunakan sebagai alat penelitian. Hasil perhitungan dan analisis tes akhir adalah t_hitung = 4,98, t_tabel = 1,67, karena t_hitung > t_tabel, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih unggul dari kelas kontrol. Oleh karena itu, terdapat pengaruh pembelajaran dengan peningkatan IT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Lembah Gumanti. Kemandirian belajar siswa kelas X SMAN 1 Lenbagmanti setelah menggunakan media pembelajaran berbasis IT secara umum dinilai tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

eksakta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Eksakta diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Pendidikan di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Jurnal Eksakta memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu isu yang relevan dalam bidang ...