EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA
Vol 8, No 2 (2023): Eksakta : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL BERBASIS ALGODOO MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

Evitamala Siregar (Universitas Graha Nusantara)
Sri Utami Kholila Mora Siregar (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Graha Nusantara, Padangsidimpuan, Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya ketersediaan media pembelajaran fisika yang menarik minat siswa dalam proses belajar fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran virtual berbasis Algodoo pada materi momentum dan impuls. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research dan Development) dengan mengadopsi model ADDIE, yang terdiri dari tahap analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Namun, dalam penelitian ini, fokus hanya diberikan pada tahap pengembangan (development) karena adanya keterbatasan waktu untuk melakukan penelitian secara menyeluruh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi yang terdiri dari 20 pernyataan yang menilai empat aspek, yaitu penyajian, isi materi, desain media, dan bahasa..Hasil penelitian ini diperoleh nilai validitas menggunkan skala Likert 1 sampai 4 menunjukkan rata-rata nilai pada aspek penyajian dan aspek desain media 92,5% dan uji reliabilitas 97,29%. Pada aspek isi materi uji validitas 82,5% dan uji reliabilitas 96,97%, dan yang terakhir pada aspek bahasa rata-rata uji validitas 92,5 % dan uji reliabilitas 94,74%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

eksakta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Eksakta diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Pendidikan di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Jurnal Eksakta memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu isu yang relevan dalam bidang ...