Alat media power point digunakan untuk menciptakan presentasi dalam bentuk slide power point dengan harapan memudahkan pemahaman topik substansi pelajaran oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur implikasi dari penerapan model pembelajaran Group Investigation yang menggunakan media power point terhadap hasil presentasi power point peserta didik. Jenis penelitian yang diterapkan adalah Quasi Experimental Design, dengan rancangan non equivalent Control Group Design. Sampel diambil melalui Teknik Simple Random Sampling untuk membentuk dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui rubrik penilaian hasil presentasi power point. Analisis data dilakukan secara deskriptif menggunakan metode Gain Score, dan secara inferensial menggunakan uji Mann Whitney U. Hasil presentasi power point menunjukkan bahwa skor nilai kelompok eksperimen adalah 55,35, yang lebih tinggi daripada skor nilai kelompok kontrol yang mencapai 44,59. Hasil uji Mann Whitney U juga mengindikasikan signifikansi, dengan probabilitas (P) = 0,020, yang lebih rendah dari 0,05. Simpulan dari penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran tipe Group Investigation berbasis media power point efektif dalam meningkatkan hasil presentasi power point siswa di SMAN 1 Mengwi.
Copyrights © 2023