Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Vol. 13 No. 2 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)

GROUP INVESTIGATION BERBASIS POWER POINT: PENGARUHNYA TERHADAP HASIL PRESENTASI SISWA

Desak Nyoman Budiningsih (Universitas Mahasaraswati Denpasar)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2023

Abstract

Alat media power point digunakan untuk menciptakan presentasi dalam bentuk slide power point dengan harapan memudahkan pemahaman topik substansi pelajaran oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur implikasi dari penerapan model pembelajaran Group Investigation yang menggunakan media power point terhadap hasil presentasi power point peserta didik. Jenis penelitian yang diterapkan adalah Quasi Experimental Design, dengan rancangan non equivalent Control Group Design. Sampel diambil melalui Teknik Simple Random Sampling untuk membentuk dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui rubrik penilaian hasil presentasi power point. Analisis data dilakukan secara deskriptif menggunakan metode Gain Score, dan secara inferensial menggunakan uji Mann Whitney U. Hasil presentasi power point menunjukkan bahwa skor nilai kelompok eksperimen adalah 55,35, yang lebih tinggi daripada skor nilai kelompok kontrol yang mencapai 44,59. Hasil uji Mann Whitney U juga mengindikasikan signifikansi, dengan probabilitas (P) = 0,020, yang lebih rendah dari 0,05. Simpulan dari penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran tipe Group Investigation berbasis media power point efektif dalam meningkatkan hasil presentasi power point siswa di SMAN 1 Mengwi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) adalah jurnal yang memuat publikasi berupa hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan. JSP diterbitkan sejak Januari 2011 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSP terbit dua kali setahun pada bulan Januari, ...