Kemampuan sosial emosional perlu didik sejak anak masih kecil. Jika perkembangan sosial emosional anak terhambat maka akan mengakibatkan kesulitan bagi anak dalam mengembangkan dirinya dikenudian hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional melalui kegiatan kerjasama pada anak usia 5-6 tahun di TK Putri Jaya, Kotabaru, Karawang. Dalam penulisan ini , penulis menggunakan metode PTK atau disebut dengan Penelitian Tindakan Kelas melalui pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan kegiatan kerjasama dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional sebagaimana dibuktikan dengan hasil yang terdapat pada setiap indikatornya. Dari prasiklus ke siklus satu mengalami peningkatan dari 15,38% menjadi 53,85% yaitu sebesar 38,47%, kemudian siklus satu ke siklus dua mengalami peningkatan dari 53,85% menjadi 84,62% yaitu sebesar 30,77%. Bahwa dengan kegiatan kerjasama dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak.
Copyrights © 2023