Jurnal CARE
Vol 11, No 1 (2023): JULI

Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran di TK Mutiara, Kelurahan Banjarejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun

Auliya Firdausi (PG PAUD UNIPMA)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini menjadi pondasi awal pengetahuan anak. Pendidikan pada anak usia dini dikemas dalam kegiatan bermain yang bermakna. Kegiatan bermain agar menjadi bermakna membutuhkan sebuah pendekatan khusus sehingga kegiatan tersebut dapat mengintegrasi seluruh aspek perkembangan anak. Selama ini sekolah tersebut menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik di TK Mutiara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus . Subyek dari penelitian ini adalah murid TK B1 sejumlah 10 anak. Metode pengambilan data yang digunakan dengan wawancara dengan walikelas dan kepala sekolah, pengisian angket dan lembar observasi serta dokumentasi. Hasil dari penelitian tersebut adalah, penerapan pendekatan saintifik di TK Mutiara sudah sesuai dengan prinsip 5 komponen dalam penerapan pendekatan saintifik. Pada capaian perkembangan anak atau hasil belajar anak terlihat baik dengan nilai prosentase poin tertinggi mencapai 73,33%, dan tidak ditemukan anak dengan poin terendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik yang dilaksanakan dengan menggunakan prinsip 5 komponen yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, menginformasikan kembali sesuai dengan perencanaan , pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan guru memberikan dampak positif pada hasil belajar / capaian perkembangan anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical ...