AbstrakArtikel ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan konsep penjumlahan pada anak usia dini di mana dalam hal ini sendiri menggunakan cerita pendek yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran harian, guru secara rutin menggunakan metode bercerita dalam cakupan pejumlahan sebagai metode utama berdampingan dengan metode-metode lain yang sesuai untuk pendidikan anak. Artikel ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian di peroleh dari metode research library pada berusia 5 6 tahun. Hasil Penelitian menunjukkan kemampuan kognitif anak yang berkembang optimal sesuai dengan tahapan usia dan tahapan perkembangan anak serta sesuai potensi yang dimiliki masing-masing anak. Kemampuan yang berkembang meliputi: menerima dan mengungkapkan bahasa, ingatan, berpikir realistis, mengenal bilangan, mengamati sesuatu dengan teliti dan rinci. Kemampuan kognitif anak usia dini dapat berkembang secara optimal didukung oleh berbagai faktor secara kolaboratif, diantaranya: tersedianya berbagai media belajar yang sesuai dengan materi yang akan disajikan, pemilihan dan penggunaan metode yang sesuai guna menstimulasi berbagai aspek perkembangan anak. Metode bercerita baik menggunakan alat maupun tanpa alat, merupakan metode yang paling sering digunakan guru untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak.
Copyrights © 2023