Edu Geography
Vol 11 No 2 (2023): Vol 11 No 2 (2023)

Tingkat Pengetahuan mengenai Isu Kependudukan Berdasarkan Tempat Tinggal pada Siswa SMA di Kota Semarang

Jihan Arkani Fauziyah (Jurusan Geografi UNNES)
Puji Hardati (Jurusan Geografi UNNES)
Saptono Putro (Jurusan Geografi UNNES)
Rahma Hayati (Jurusan Geografi UNNES)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Isu kependudukan menjadi sesuatu hal yang esensial bagi ahli kependudukan dan pemerintah di Indonesia karena jumlah penduduk Indonesia yang terus meningkat dan tidak diiringi dengan sumber daya manusia yang baik menyebabkan timbulnya permasalahan kependudukan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan isu kependudukan pada siswa SMA Negeri 6 Semarang berdasarkan tempat tinggal siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel 100 siswa SMA Negeri 6 Semarang dengan teknik pengambilan data berupa tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji ketuntasan klasikal. Hasil penelitian ini yaitu pengetahuan siswa pinggiran kota mengenai isu kependudukan yaitu 73 yang termasuk pada kategori tuntas, sedangkan pada siswa pusat kota memilki nilai pengetahuan mengenai isu kependudukan adalah 75 yang termasuk pada kategori tuntas. Siswa pinggiran kota dan siswa pusat kota memiliki pengetahuan mengenai isu kependudukan pada kategori tuntas artinya siswa memiliki pengetahuan yang baik mengenai permasalahan kependudukan yang ada di sekitar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edugeo

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Edu Geography [p-ISSN 2252-6684|e-ISSN 2549-0346|DOI 10.15294.edugeo] publishes original research and conceptual analysis of geography education. Edu Geography provides a forum for educators and scholars to present innovative teaching strategies and essential content for elementary and secondary ...