Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum
Sarjana Ilmu Hukum, Juni 2023

IMPLEMENTASI PASAL 4 HURUF H UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KONSUMEN YANG DIRUGIKAN AKIBAT WANPRESTASI JASA TITIP (STUDI KASUS PEMBELIAN TIKET KONSER BTS DI INSTAGRAM DAN KOMUNITAS BAIA)

Putri Maharani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Putri Maharani, Djumikasih, Yenny Eta Widyanti Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Jl. MT. Haryono No. 169 Malang e-mail: Peem7336@student.ub.ac.id Abstrak Pada penelitian ini peneliti mengangkat permasalahan mengenai ketidaksesuaian antara Das Sollen dan Das Sein yang menimbulkan adanya legal gap antara Pasal 4 huruf (h) Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan konsumen yang mengalami kerugian akibat perbuatan wanprestasi oleh pelaku usaha layanan jasa titip pembelian tiket konser BTS “Permission To Dance” online live streaming tahun 2022 di Instagram. Skripsi ini mengangkat rumusan masalah: (1) Bagaimana implementasi Pasal 4 huruf (h) Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 terhadap konsumen yang dirugikan akibat perbuatan wanprestasi oleh pelaku usaha layanan jasa titip pembelian tiket konser BTS “Permission To Dance” online live streaming tahun 2022 yang dilakukan melalui transaksi elektronik di Instagram? (2) Apa hambatan pelaku usaha? (3) Bagaimana pertanggungjawaban yang sudah dilakukan oleh pelaku usaha layanan jasa titip pembelian tiket konser BTS “Permission To Dance” online live streaming tahun 2022 di Instagram atas ketidaksesuaian dalam detail pesanan tiket konser maupun server error yang menyebabkan pelaku usaha terlambat atau tidak mendapatkan tiket konser yang telah dipesan oleh konsumen?. Peneliti memperoleh jawaban bahwa implementasi Pasal 4 huruf (h) Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen tidak terlaksana dengan baik karena perbuatan wanprestasi oleh pelaku usaha layanan jasa titip pembelian tiket konser di Instagram sebagaimana Pasal 7 huruf (g) dan Pasal 19 huruf (a) Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan Konsumen. Kata Kunci: hukum perlindungan konsumen, implementasi, pertanggungjawaban, wanprestasi, tiket konser, BTS Abstract This research studies the irrelevance between Das Sollen and Das Sein, sparking a legal gap between Article 4 letter (h) of Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection and the aggrieved parties due to a breach of contract committed by the party offering jasa titip or jastip— entrusted shopping service—in the purchase of BTS concert tickets “Permission to Dance” online live streaming 2022 on Instagram. Departing from this issue, this research aims to investigate: (1) the implementation of Article 4 letter (h) of Law Number 8 of 1999 regarding aggrieved consumers due to a breach of contract committed by jastip provider of the ticket purchase concerned; (2) the impeding factors affecting related businesses; (3) the accountability given by the jastip service provider in the concert ticket purchase regarding server error impeding the purchase of the concert tickets reserved by consumers. The research result reveals that Article 4 letter (h) of Law Number 8 of 1999 has not been appropriately implemented due to a breach of contract in the purchase of concert tickets on Instagram as mentioned earlier because it does not meet Article 7 letter (g) and Article 19 letter (a) of Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection. Keywords: consumer protection law, implementation, accountability, breach of contract, concert ticket, BTS

Copyrights © 2023