Permasalahan dalam penilitian ini adalah pada pelayanan kependudukan catatan sipilyang mana pada kondisi pandemi meminta upaya pelayanan publik agar tetap optimal sertamemberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses setiap layanan yang tersedia.Sistem pelayanan yang masih konvensional membuat dibutuhkan sedikit sentuhan teknologialam memudahkan proses pelayanan yang ada. Sehingga dengan adanya pandemi kali ini,diharapkan dapat mengubah sistem pelayanan yang manual dan konvensional menjadi lebihterotomatisasi dan digital. Selain itu, metode penelitian ini adalah deskriptif denganmenggunakan metode waterfall yang terdiri dari beberapa tahap: analisis, perancangan,pengkodean dan pengujian. Selanjutnya, dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan dataprimer dan data sekunder. Data primer meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Di sisilain, data sekunder termasuk referensi, jurnal, artikel dan dokumentasi. Nantinya pada front endakan menggunakan android serta back end admin dapat diakses dengan menggunakan sisteminformasi website. Akhirnya dengan adanya perencanaan sistem informasi pelayanankependudukan berbasis android dapat memberikan kemudahan dalam proses pelayanan yangada pada dinas kependudukan dan catatan sipil kota Lubuklinggau.
Copyrights © 2023