SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains
Vol 9, No 2 (2023): SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains

KAJIAN INDIGENOUS KNOWLEDGE MASYARAKAT ETNIS MELALUI PENERAPAN ETHNO-BASED LEARNING DALAM KONTEKS MATERI “EKOSISTEM & PERMASALAHANNYA”

Panggih Priyambodo (Universitas Negeri Yogyakarta)
Daniar Eka Nur Fauziah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Anisa Ayu Larasati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ninit Putry Sagita (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ulya Ananda Putri Febrianti (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Eka Ayu Puspitasari (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Fitri Wulansari (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Santhyami Santhyami (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi indigenous knowledge masyarakat etnis di Desa Jatimulyo, Desa Rejosari, dan Desa Pancot melalui penerapan ethno-based learning; serta 2) menganalisis kandungan pengetahuan ilmiah dalam indigenous knowledge masyarakat etnis di Desa Jatimulyo, Desa Rejosari, dan Desa Pancot dalam konteks materi “Ekosistem & Permasalahannya”. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Oktober hingga Desember 2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatis dengan pendekatan entoekologi. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman wawancara semi-terstruktur yang telah divalidasi oleh lima dosen ahli. Tahapan penelitian meliputi: 1) perumusan tujuan; 2) penetapan area studi; 3) observasi partisipan; 4) wawancara responden; 5) dokumentasi; serta 6) konstruksi skema pengetahuan. Hasil penelitian adalah konstruksi pengetahuan ekologi ilmiah dalam empat tema besar, yaitu pelestarian keanekaragaman hayati ekosistem, pelestarian kawasan agroforest, pengupayaan produktivitas dan kestabilan ekosistem, serta fenomena pemanasan global. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

spek

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Education Physics

Description

The Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains is dedicated to all science practitioners about studies and research of science. Various topics that can be accepted in this journal are: Physics Education, Chemistry Education, Biology Education, Media Development and Learning, Model Evaluation and ...