Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada PT Pava Mandiri Makmur Tangerang Selatan. Adapun sampel penelitian sebanyak 124 responden dengan menggunakan teknik Simpel Random Sampling (Probability Sampling) dan teknik Sampling Kuota (Non-Probability Sampling). Analisis dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (Statistical Package for Social Science) versi 26.0. Metode penelitian yang digunakan jenis penelitian kuantitatif melalui pendekatan deskriptif. Hasil secara parsial pada variabel Harga (X1) menunjukan bahwa terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen secara parsial, dilihat dari hasil uji t (uji parsial) yang menunjukan nilai thitung > ttabel dan signifikan < 0.05, yaitu; 11,213 > 1,997 dan nilai signifikan < 0,05 yaitu; 0,025 < 0,05. Hasil secara parsial pada variabel Kualitas Produk (X2) menunjukan terdapat pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen secara parsial, yang menunjukan nilai thitung > ttabel dan signifkan < 0,05 yaitu; 20,339 > 1,997 dan nilai signifikan < 0,05 yaitu; 0,000 < 0,05. Hasil secara simultan variabel Harga (X1) dan Kualitas Produk (X2) menunjukan terdapat harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen secara simultan, yang dilihat dari hasil uji F (uji simultan) yang menunjukan nilai Fhitung > Ftabel dan signifikan < 0,05 yaitu; 208,401 > 2,68 dan nilai signifikan < 0,05 yaitu; 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji determinasi menunjukan nilai Adjusted R Square sebesar 0,771 atau 77,1%. Hal ini berarti, variabel Harga (X1) dan Kualitas Produk (X2) mampu menjelaskan besaran pengaruh terhadap variabel Kepuasan Konsuen (Y) sebesar 77,1% sedangkan sisanya sebesar 22,9% dipengaruhi oleh variabel lain.
Copyrights © 2023