PRIMER: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 1 No. 4 (2023): PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Agustus 2023

PENGGUNAAN TEAMS GAME TOURNAMENT BERBANTU VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EXPLANATION TEXT

Esti Nurul Aini (Universitas PGRI Semarang)
Dias Andris Susanto (Universitas PGRI Semarang)
Dwi Budi Rahayu (SMA Negeri 6 Semarang)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2023

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh peserta didik itu sendiri. Terdapat berbagai macam kendala dalam pelaksanaan pembelajaran yang berdampak pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik, salah satunya adalah pembelajaran konvensional yang dilakukan guru dengan kegiatan belajar yang hanya menggunakan media lembar kerja siswa, sehingga keterlibatan dan pemahaman peserta didik terabaikan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif yang dilaksanakan bersama guru pamong dalam dua siklus, ditujukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Explanation text kelas XI IPS 4 SMA Negeri 6 Semarang pada tahun ajaran 2022/2023. Yang berjumlah 36 peserta didik melalui metode pembelajaran kooperatif dengan model Teams Game Tournament berbantu video animasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 yang berjumlah 36 siswa, sedangkan objek penelitiannya  adalah hasil belajar pada materi Explanation text. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pemberian tes berbentuk pilihan ganda 20 soal dan dokumentasi. Kemudian hasil penelitian tersebut dianalisis menggunakan analisis data statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I didapatkan rata-rata ketuntasan siswa secara sebesar 56%, sedangkan pada siklus II sebesar 83%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran pada materi Explanation text dengan kegiatan pembelajaran yang menggunakan model Teams Game Tournament dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 6 Semarang. Maka direkomendasikan untuk meggunakan model TGT dengan berbantu video animasi pada pembelajaran materi Explanation text agar ketuntasan hasil belajar dapat diraih secara optimal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

primer

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

PRIMER: Jurnal Ilmiah Multidisiplin is a multidisciplinary journal published by LPPM Institut Teknologi Dan Kesehatan Aspirasi every bimonthly with online version of E-ISSN : 2985-7996 and can be accessed openly. This journal is a peer reviewed, open access, scientific and scholarly journal which ...