PRIMER: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 1 No. 4 (2023): PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Agustus 2023

PENGGUNAAN TEKNIK THINK TALK WRITE DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS EXPLANATION TEXTS PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 6 SEMARANG

Siti Sakdidah (Universitas PGRI Semarang)
Dias Andris Susanto (Universitas PGRI Semarang)
Dwi Budi Rahayu (SMA Negeri 6 Semarang)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan data dari produk siswa yaitu kegiatan menulis explanation texts sebelum dan sesudah menggunakan teknik Think Talk Write pada siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 6 Semarang. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa sebelum penggunaan teknik think talk write siswa kemampuan menulis siswa masih rendah. Pada siklus I dari data diketahui bahwa nilai rata-rata adalah 72,2. Sebanyak 12 siswa atau 33 % siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan 24 siswa atau 66 % siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Pada siklus II, skor rata-rata yang diperoleh adalah 80,94. Pada siklus ini guru menerapkan teknik think talk write dalam pembelajaran Bahasa Inggris materi explanation texts. Berdasarkan data yang diperoleh sebanyak 31 siswa atau 86 % telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan sebanyak 5 siswa atau 16 % belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Ini berarti dalam siklus II ini telah terjadi peningkatan kemampuan menulis. Pada siklus II siswa sudah mulai tertarik dengan pelajaran explanation texts. Maka, dapat disimpulkan penggunaan teknik Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan menulis explanation texts siswa. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa 85% siswa mengalami peningkatan dalam menulis explanation texts. Dengan demikian, penggunaan teknik think talk write membuat pembelajaran menjadi menarik, menyenangkan, dan memberi kemudahan bagi siswa untuk berkreasi dan menciptakan ide-ide yang dituangkan dalam sebuah tulisan explanation texts yang kratif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

primer

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

PRIMER: Jurnal Ilmiah Multidisiplin is a multidisciplinary journal published by LPPM Institut Teknologi Dan Kesehatan Aspirasi every bimonthly with online version of E-ISSN : 2985-7996 and can be accessed openly. This journal is a peer reviewed, open access, scientific and scholarly journal which ...