HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran
Vol 39 No 2 (2022): HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran

EFEKTIVITAS ASESMEN DAN EVALUASI PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN PASCA PEMBELAJARAN ONLINE DI TKIT AN NUUR 2 SURABAYA

Audi Rizky Ramadhani (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Devi Chairunnissa (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Nur Saffana Fajar Zeen (Universitas Muhammadiyah Surabaya)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas dari asesmen dan evaluasi pada perkembangan motorik kasar anak usia dini di TKIT AN NUUR 2. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yang artinya peneliti mengacu pada teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara dan berupa angket kuesioner terbuka. Adapun jumlah informan yang diambil pada penelitian ini sebanyak 14 orang. Efektivitas dari asesmen dan evaluasi pada TKIT AN NUUR 2 belum berjalan efektif  Dari hasil penelitian bahwa para guru di TKIT AN NUUR 2 masih belum mengetahui efektivitas asesmen dan evaluasi perkembangan motorik kasar anak dan kurangnya pemberian stimulus terhadap kemampuan motorik kasar anak. Metode pembelajaran yang digunakan di TKIT AN NUUR 2 selama pembelajaran online berupa LKA (lembar kerja anak) sehingga pembelajaran stimulus menjadi kurang optimal. Kata Kunci: anak usia dini, asesmen dan evaluasi, efektivitas, perkembangan motorik kasar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

helper

Publisher

Subject

Education Other

Description

AIM Helper: Journal Guidance and Counseling from Universitas PGRI Adi Buana Surabaya which publish articles from the fields of guidance and counseling based on researches. Helper is published twice a year in February and September. SCOPE: Techniques in Guidance and Counseling Assessment in Guidance ...