Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 7 No 4 (2023): April 2023

Pengembangan Aplikasi Pelaporan Nilai Akademik dan Kompetensi Peserta Didik berbasis Website (Studi Kasus: SD Islam Riyadlul Mubtadiin Turen)

Ihza Aulya Nanda (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)
Issa Arwani (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)
Hariz Farisi (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2023

Abstract

Upaya pemerataan digitalisasi oleh pemerintah telah menyusuri semua lapisan masyarakat termasuk pada aspek pendidikan. Kebermanfaatan teknologi informasi dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar serta mendukung kinerja dari guru dan tenaga pendidik. Proses kegiatan belajar mengajar meliputi pengolahan dan pelaporan nilai peserta didik pada tiap akhir semester pembelajaran. Pada prosesnya, pengolahan dan pelaporan nilai di SD Islam Riyadlul Mubtadiin masih dilakukan secara manual. Hal ini menimbulkan keresahan karena sering kali terjadi kesalahan dalam proses perhitungan nilai serta proses pengisian nilai yang membutuhkan waktu lama karena harus melewati berbagai langkah pengisian nilai yang cukup panjang. Selain itu, pada beberapa kali sering terjadi kejadian buku raport yang hilang atau terselip sehingga pihak sekolah kesulitan untuk melakukan arsip nilai peserta didik. Berlandaskan permasalahan-permasalahan tersebut, dilakukan penelitian pengembangan aplikasi nilai akademik dan kompetensi peserta didik berbasis website yang akan dibangun dengan metodologi waterfall. Penelitian ini mengembangkan aplikasi pelaporan nilai akademik dan kompetensi peserta didik yang mampu membantu guru dan tenaga pendidik dalam pengolahan dan pelaporan nilai, membantu operator sekolah dalam pengolahan data dan arsip nilai peserta didik, serta membantu orang tua/wali peserta didik untuk memantau perkembangan nilai peserta didik secara online. Pada proses analisis dan perancangan diterapkan permodelan UML meliputi use case diagram, use case scenario, activity diagram, sequence diagram, class diagram, serta physical data model. Digunakan framework Laravel untuk pengimplementasian aplikasi. Untuk menguji fungsional sistem, dilakukan pengujian black box dan mendapatkan hasil 100% yang berarti valid. Sedangkan untuk menguji nonfungsional sistem, dilakukan pengujian User Acceptance Test (UAT) dan didapatkan skor perhitungan 87,4% sehingga aplikasi dapat dikategorikan sebagai acceptable yang menandakan bahwa aplikasi dapat diterima oleh pengguna dan dapat diterapkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

j-ptiik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya merupakan jurnal keilmuan dibidang komputer yang memuat tulisan ilmiah hasil dari penelitian mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian ...